KEBUTUHAN ENERGI

Bab 4 "Sistem Pencernaan Manusia"

KEBUTUHAN ENERGI

Tubuh membutuhkan energi untuk mempertahankan suhu tubuh normal, 37 derajat celcius.Jumlah energi ini berasal dari makanan. Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh dan jumlah energi yang tersedia dalam makanan diukur dalam satuan kalori.Satu satuan kalori(kalkal) menunjukkan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 derajat celcius. 1 kilokalori(kkal) sama dengan 1.000 kalori(kal) sama dengan 4.200 joule(J)

Keseimbangan energi dapat terjadi ketika kalori yang masuk dalam tubuh melalui makanan sama dengan kalori yang dikeluarkan melalui metabolisme tubuh dan aktivitas otot, maka berat badanmu akan cenderung tetap.
Dua jenis keseimbangan :
1. Keseimbangan Energi Positif
  Jika kalori yang masuk dalam tubuh melebihi kalori yang dikeluarkan. Artinya, jaringan tubuhmu      akan menyimpan kelebihan nutrisi tersebut. Kenaikan berat badan dapat terjadi jika sekitar 3.500        kkal disimpan dalam bentuk lemak pada jaringan tubuh.

2. Keseimbangan Energi Negatif
    Jika kalori yang dikeluarkan tubuh lebih besar dibandingkan dengan kalori yang masuk dalam            tubuh. Artinya tubuhmu akan melakukan pembakaran simpanan nutrisi yang tersimpan dalam              tubuh untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuhmu, dapat menurunkan berat badan.

Kebutuhan energi yang diperlukan setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari beberapa factor, antara lain yaitu : umur, jenis kelamin, berat dan tinggi badan serta tingkat aktivitas sehari-hari

Kebutuhan energi untuk pertumbuhan (kal/hari)
Image result for kebutuhan energi pertumbuhan
Untuk mempermudah perhitungan, perhatikan contoh berikut :
Naufal berusia 21 tahun, berat badan 58 kg, tinggi 160 cm, aktivitas sehari-harinya adalah kuliah termasuk kategori ringan- sedang. Sehingga kebutuhan energi Naufal dapat dihitung melalui tahapan sebagai berikut :

Tahap 1 :   IMT = BB/TB2
                              58/(1.6)2  =22.6 (normal)

Tahap 2 :   BMR = BB X 24 kalori
                               58  X  24 kalori = 1392 kalori

       Tahap 3 :  SDA = 10 % X BMR
                                     10 % X 1392  = 139.2 kalori
   
       Tahap 4 :  Energi Aktivitas fisik
      Faktor Aktivitas Fisik X {BMR + SDA (10 % BMR)}
                        1.7 X (1392 + 139.2) = 2603 kalori
Jadi total kebutuhan energi  perhari adalah 2603 kalori

Sumber : 
Buku Paket IPA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT KERAJINAN DARI GETAH NYATU

ZAT ADITIF PENGENTAL

HASIL OLAHAN GANDUM